Minggu, 12 Mei 2013
0 komentar

Berita Terbaru YouTube Meluncurkan 53 Saluran Berbayar Yang Menawarkan Beragam Konten Video

11:58:00 PM


Situs video YouTube meluncurkan 53 saluran berbayar yang menawarkan beragam konten video.

Dalam proyek percontohan itu, sejumlah pembuat konten akan menyediakan saluran berlangganan dengan biaya US$0,99 atau sekitar Rp9.000 per bulan.

Dalam penawaran perdana ini, tiap saluran memberikan 14 hari masa coba gratis dan mungkin juga akan menawarkan diskon untuk periode langganan setahun.

Saluran berbayar yang diluncurkan YouTube memiliki segmen yang beragam, termasuk National Geographic Kids, Acorn -penyedia layanan serial televisi Inggris- dan Fix My Hog Premium yang menyasar pecinta motor Harley Davidson.

"Ini baru sebuah permulaan," kata YouTube dalam blog mereka.

"Kami akan memunculkan saluran berbayar lain secara lebih luas pada pekan-pekan mendatang."

"Dan ketika saluran baru datang, kami akan memastikan Anda dapat menemukannya."

Google membeli YouTube pada 2006 senilai US$1,65 miliar. Layanan ini diyakini hanya menghasilkan pendapatan yang kecil dari iklan. YouTube mengatakan satu miliar orang di seluruh dunia menggunakan layanannya setiap bulan.

"Jika YouTube adalah sebuah negara, maka kita akan menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India," kata perusahaan itu pada bulan Maret.

Langkah ini membuat YouTube -atau pemiliknya, Google- bergabung dalam layanan serupa seperti Netflix, Hulu, dan Amazon, yang menawarkan alternatif tontonan di internet yang sebelumnya hanya ada pada televisi berbayar.

Pakar mengatakan langkah ini akan semakin memperbesar dominasi YouTube dari saingan mereka.

"Dalam kacamata yang lebih luas, dunia internet dan televisi mulai menyatu," kata pakar media daring atau internet, Ian Maude, dari konsultan Enders Analysis kepada BBC.

"Langkah YouTube akan menyulitkan platform langganan daring lain yang umumnya berdiri sendiri karena Google memiliki infrastruktur yang memudahkan penyimpanan konten dan pembayaran tagihan."

YouTube mengatakan peluncuran saluran berbayar merupakan kesempatan bagi pembuat konten meraih pendapatan dari kreativitas mereka.

Misalnya, saluran favorit anak-anak, Sesame Street, akan menawarkan seluruh episode dalam saluran berbayar saat diluncurkan. Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit atau melalui layanan Google Wallet.





# TWM | BBC.co.uk

0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top