Sabtu, 16 Juni 2012
0 komentar

Ditemukan Di SpanyolLukisan Gua Berusia 40.000 Tahun

2:23:00 AM


Penelitian terhadap situs purbakala memang selalu menarik untuk diikuti, dari situ kita bisa mengetahui tata cara kehidupan masyarakat prasejarah ataupun menemukan kreasi seni mereka dalam wujud artefak.
Seperti yang ditemukan di Gua El Castillo, Spanyol. Pada dinding gua ini terdapat beberapa lukisan yang diperkirakan berusia 40.000 tahun. Penemuan ini dianggap penting untuk mengetahui evolusi kognisi modern dan perilaku simbolik yang berkaitan dengan perkembangan bahasa.Lukisan tersebut diyakini dibuat oleh manusia Neanderthal. Manusia Neandhertal yang juga dikenal sebagai pemangsa anjing laut, hidup di gua – gua sebelum punah sekitar 30.000 tahun lalu akibat perubahan iklim.Para ilmuwan menggunakan metode yang dikenal dengan uranium-series disequilibrium, metode pengukuran untuk mengetahui usia benda – benda kuno secara akurat.

Dr. Paul Pettit salah seorang peneliti dari University Of Sheffield seperti yang dikutip dari dailymail.co.uk mengatakan,

    Sampai saat ini pemahaman kita mengenai usia seni pada lukisan gua mulai menemui titik terang. Kita mampu menegaskan seni gua di Eropa telah ada sejak beberapa ratus ribu tahun yang lalu. Waktu dimana Manusia Neanderthal berada di akhir masanya dan berganti dengan Homo Sapiens.

Source

0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top