Sabtu, 16 Juni 2012
One komentar

[Video Mahasiswa Amerika Menciptakan Alat Panjat Militer Ala Spiderman]

2:31:00 AM
Biasanya kita manjat dinding pakai apa sih? Tali? Tangga? Ah, Kuno! Sekelompok mahasiswa dari Utah State University, Amerika Serikat, berhasil menciptakan alat yang memungkinkan kita memanjat dinding ala Spiderman. Alat ini mengantarkan mereka sebagai pemenang lomba tahunan Design Challenge yang diadakan oleh US Air Force Research Laboratory (AFRL), mengalahkan 33 tim lain yang berasal dari 17 sekolah berbeda.

Dengan dana Rp187 juta dan waktu 9 bulan yang diberikan Air Force, tim mahasiswa Utah membuat PVAC (Personal Vacuum-Assisted Climber), sebuah alat yang menggunakan sistem penyedot mirip vacuum cleaner untuk membuat penggunanya dapat melekat di dinding. Walaupun sedikit bising, alat ini dapat diandalkan untuk memanjat karena memiliki 2 pedal dengan daya hisap yang sangat kuat hingga dapat menahan beban sampai 227 kg - 317,5 kg (tergantung pada tinggi pendakian) dan dapat digunakan untuk memanjat berbagai permukaan.

Ascending Aggies, sebutan untuk tim mahasiswa Utah, akan mendapatkan uang sebesar Rp935 juta dari Air Force untuk mengembangkan alat ciptaannya lebih jauh lagi.

1 komentar :

 
Toggle Footer
Top