Rabu, 20 Juni 2012
0 komentar

Seniman Pertama di Eropa

1:07:00 PM


London-Siapakah seniman pertama di Eropa? Kemungkinan besar adalah manusia purba, jika melihat pada berbagai lukisan gua yang berasal dari zaman prasejarah.

Menurut penelitian yang memakai metode baru analisis lukisan gua di Spanyol, Neanderthal mungkin merupakan seniman pertama. Demikian dilansir oleh The Guardian.

Penelitian pada 50 lukisan di 11 gua di belahan Selatan Spanyol yang dipublikasikan di jurnal Scienceitu menyatakan bahwa berbagai bentuk seni pertama sudah ada di benua Eropa sejak 40 ribu tahun lalu. Ini merupakan zaman yang sama ketika manusia purba jenis Neanderthal masih hidup.
Namun belum ada bukti langsung bahwa Neanderthal yang membuat berbagai lukisan gua tersebut. Namun apabila mereka menguburkan sanak keluarganya, digunakan beberapa teknik dekoratif primitif di badan mereka, yang terbuat dari tulang dan cangkang kulit kerang.

"Jadi tidaklah mengejutkan jika kita menyebutkan bahwa manusia purba Neanderthal merupakan seniman pertama di benua Eropa," ujar Joao Zilhao, peneliti senior dari University of Barcelona.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top